Kewirausahaan Digital

Kewirausahaan digital (digital entrepreneurship), yakni kewirausahaan yang dipengaruhi oleh, atau memanfaatkan, transformasi digital dalam bisnis dan masyarakat. Prinsip-prinsip dasar kewirausahaan masih berlaku dan dapat diaplikasikan di dunia kewirausahaan digital ini, seperti: menumbuhkan pola pikir kewirausahaan, mengidentifikasi peluang yang baik, mengenal pelanggan Anda, memenuhi ketentuan legal, maupun berupaya untuk meningkatkan modal. Dalam kewirausahaan digital, perubahan mendasar terletak pada upaya untuk aktif dalam aktivitas bisnis dan terkoneksi dengan masyarakat yang telah melek digital.

pada masa era revolusi industri 4.0 banyak wirausaha yang berbisnis ataupun berdagang meggunakan media digital karena pada masa revolusi industri 4.0 teknologi berperan penting dalam kehidupan kita. Sebagai distributor perusahaan Indoguna Food Supply memiliki pola bisnis yaitu menggunakan pola Supply Chain Management yaitu manajemen rantai pasokan tetapi khusus makanan yang mana teknologi informasinya terbagi menjadi tiga yaitu Distribution Network, Distribution Management, dan Transportation Management dalam hal ini kita perlu adanya pengaturan suhu dengan menggunakan teknologi yang signifikan, kemudian adanya prinsip kerja yang terdiri dari food safety, food quality, sustainability yaitu keamanan tangan dan kualitas makanan sehingga kesinambungan pasokan dapat terjaga. Indoguna Food Supply menggunakan teknologi supaya mendapatkan  daya saing yang kuat dan mempunyai prinsip apabila hari ini customer pesan keesokan harinya diantar sehingga harus  mempunyai teknologi informasi yang handal karena untuk memperoses pesanan.

Kewirausahaan digital penting untuk saat ini, jika  mengelola wirausaha untuk saat ini tidak menggunakan teknologi cukup berat, maka dari itu adanya strategi bisnis yang pertama keunggulan kompetitif yang diperoleh dengan berfokus pada kepuasan pelanggan seperti memberikan jasa khusus untuk para pelanggan, yang kedua ada omnichannel yaitu yang menghubungkan antara dunia offline ke online seperti mencari peluang untuk menghubungkan operasional dunia offline ke online, yang ketiga ada big data hal ini menggunakan SAP Business One untuk mendukung penjualan maka diperlukannya data, keempat cyber security yaitu melindungi bisnis dari segi informasi atau apa pun itu, dan yang kelima yaitu kapabilitas digital digunakan untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital. Indoguna Food sendiri memiliki lokasi ritel yang mana sistemnya untuk menghubungkan toko-toko yang tersebar di daerah Jakarta dan memiliki operasional di seluruh Indonesia, manajemen kontrol sistem dengan menggunakan teknologi digital yang handal maka dari itu diperlukannya perangkat lunak seperti SAP Business One, Odoo, dan juga memerlukan perangkat keras seperti Dell, Cisco, Sophos, serta untuk cyber security ada Telkom Indonesia, tanpa adanya sistem IT yang handal maka operasional yang sulit untuk dikontrol karena setiap perusahaan harus melaporkan pajak, dan pinjaman keuanagn setiap bulannya.

Selanjutanya ada tantangan dan peluang bisnis digital, di Indonesia terdapat hasil penelitian dari IDC Worldwide pada tahun 2015 yaitu untuk masuk ke dunia digital ada empat hal yang perlu diperhatikan pertama mobile internet, kedua cloud technology, ketiga pemanfaatan internet of things, dan yg keempat big data atau advanced analiytics, kemudian perbanding di Indonesia dengan negara lain terhadap peluang harga internet di Indonesia ini murah dibandingkan dengan dua puluh negara yang telah disurvei, Indonesia merupakan negara kedua dengan peluang haraga internet murah, tetapi kualitasnya masih buruk, pemerintah sudah berupaya membangun palapa ring yaitu satu kabel viber optik yang menghubungkan hampir seluruh Indonesia. Dari segi pengguna Indonesia termasuk pengguna media sosial tertinggi di dunia serta tujuh puluh delapan persen pengguna internet saat ini melakukan pembelian secara online dan sekitar tujuh puluh lima persen pembelian online dilakukan melalui perangkat seluler kemudian populasi pengguna internet menigkat sekali karna hp murah dan saat start up Gojek, Traveloka, Bukalapak dan lain-lain.

Baca juga : https://www.duniakampus40.net/

Peluang yang terdapat terkait kewirausahaan digital dalam Indoguna Food Supply yaitu supaya mendapatkan  daya saing yang kuat dan Indoguna Food Supply mempunyai prinsip apabila hari ini customer pesan keesokan harinya diantar sehingga harus  mempunyai teknologi informasi yang handal karena untuk memperoses pesanan, untuk suplayer Indoguna Food ini terdiri dari local maupun dari  luar negeri, produk Indoguna Food sendiri terdiri dari daging, kentang, dan keju maka teknologi yang digunakan untuk suplayer adalah frozen, chiled, dry sehingga bisa mensupplay ke Horeka, Retailer, Patry, dan Distributor. Indoguna Food sendiri memiliki lokasi ritel yang mana sistemnya untuk menghubungkan toko-toko yang tersebar di daerah Jakarta dan memiliki operasional di seluruh Indonesia, manajemen kontrol sistem dengan menggunakan teknologi digital yang handal maka dari itu diperlukannya perangkat lunak seperti SAP Business One, Odoo, dan juga memerlukan perangkat keras seperti Dell, Cisco, Sophos, serta untuk cyber security ada Telkom Indonesia, tanpa adanya sistem IT yang handal maka operasional yang sulit untuk dikontrol karena setiap perusahaan harus melaporkan pajak, dan pinjaman keuanagn setiap bulannya.  Adapun tantangan yang terdapat dalam kewirausahaan digital ialah Jika  mengelola wirausaha untuk saat ini tidak menggunakan teknologi cukup berat, maka dari itu adanya strategi bisnis yang pertama keunggulan kompetitif yang diperoleh dengan berfokus pada kepuasan pelanggan seperti memberikan jasa khusus untuk para pelanggan, yang kedua ada omnichannel yaituyang menghubungkan antara dunia offline ke online seperti mencari peluang untuk menghubungkan operasional dunia offline ke online, yang ketiga ada big data hal ini menggunakan SAP Business One untuk mendukung penjualan maka diperlukannya data, keempat cyber security yaitu melindungi bisnis dari segi informasi atau apa pun itu, dan yang kelima yaitu kapabilitas digital digunakan untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital.

Kompetensi yang harus dimiliki ketika berniat menjadi wirausaha digital yaitu pertama ada target financial dalam target financial terdapat dua strategi yang pertama untuk mengembangkan diri dan produktivitas, mengembangkan diri terdiri dari pelanggan baru biasanya cara mencari pelanggan baru yaitu dengan menyebarkan brosur dan pelanggan loyal dengan cara mengadakan buy one get one serta memberikan bonus kepada pelanggan, sedangakan dari strategi produktivitas terdiri dari menghemat biaya dan aset yang produktif. Supaya mencapai target financial berarti pelanggan kita harus puas cara mengejar kepuasan pelanggan yaitu proses internal supaya proses internal sempurna dan sesuai yang kita inginkan lalu SDM apa yang harus kita sediakan ini semua merupakan auto relationship ROM, sebagai wirausahawan walaupun Solo Preneur pasti memiliki target financial, disaat memikirkan berapa keuntungan yang akan didapat pasti akan berpikir tentang produk apa yang akan diproduksi untuk mencapai keuntungan. Jika kita membicarakan penjualan pasti harga, kualitas, ketersediaan, pilihan, fungsi, layanan, mitra, citra. Untuk perusahaan menengah kebawah selalu ada elemen yang pertama menejemen operasi yang terdiri dari pasokan yaitu asal barang yang di supply misalkan dari luar negeri ataupun dalam negeri, kemudian ada produksi yaitu barang yang ingin dijual harus disamaratakan, selanjutnya distribusi yaitu kegiatan mendistribusikan ke otlet sesuai dengan permintaan customer, dan yang terakhir ada resiko pada saat proses pendistribusian dan kita mencari penanggulangan dari resiko tersebut, kedua ada proses pengelolaan pelanggan yaitu cara supaya pelanggan kita tetap membeli produk yang dijual dan terus repeat order lalu kita membangun loyalitas pelanggan serta mendapat suatu basis pendapatan yang lumayan, selanjutnya tumbuh di dalam fase ini kita harus mengedukate customer, ketiga ada inovasi terdiri dari identifikasi peluang contohnya sisa potongan produk yang kecil bisa kita jual kembali dengan kualitas yang layak, inovasi tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan aset perusan maka dari itu diperlukannya riset and development untuk merilis sesuatu kita perlu mencobanya terlebih dahulu baru dirancang atau bangun sehingga bagaimana cara untuk merancang produk agar HPPnya tidak terlalu tinggi, dan yang terakhir regulasi dan sosial diperlukannya melihat lingkungkan, keselamatan dan kesehatan, pekerja, dan komunitas karena kebijakan pemerintah dengan csr perlu adanya dorongan untuk melakukan csr juga diperlukannya peluang. Jika anda sudah mempunyai kompetensi dan kemauan maka bisa membangun tata cara bisnis.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer