Digital Marketing

 Kebutuhan mengenai digital marketing begitu penting bagi para euntrepreneur muda, digital marketing bisa dikatakan cukup penting karena informasi dan komunikasi di era distrupsi ini menjadi hal yang wajib dipahami dan dilakukan sebagai bagian dari strategi marketing pada dunia kewirausahaan. Ketika mengingat kembali bahwa di era pandemi covid semakin mengakselerasi dan membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan dan Ketika orang sudah tidak bisa lagi mengakses secara konvensional beberapa media promosi yang dilakukan maka media digital menjadi yang satu-satunya ekseksi di masa pandemi covid sehingga dapat terbuka peluang kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi melalui pemanfaatan media digital.

Peran internet dan digital sudah merubah dunia saat ini. yang semula media konvensional dianggap mutakhir namun seiring berkembangnya zaman maka internet dan teknologi digital menguasai dunia, dan mengubah pola perilaku konsumen. Berbicara tentang digital marketing sama saja kita sedang berbicara tentang cara merancang sebuah rencana strategi yang dilakukan agar usaha yang sedang dijalani menjadi tumbuh dan berkembang, selain itu juga agar produk yang dijual bisa lebih dikenal luas oleh khalayak umum dan supaya mampu berdaya saing dengan persaingan yang ada di lingkungan sekitar. Oleh karena itu digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merk atau produk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan juga merupakan sebuah jawaban terhadap konsumen sehingga bisa menagkap para pesaing yang terjadi dalam dunia wirausaha

Sesuai dengan data pada bulan januari 2019  total populasi penduduk di Indonesia sekitar 268,2 juta, dari total penduduk di Indonesia tersebut sekitar 150 juta diantaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet serta keseluruhan penggunaan internet sudah aktif dalam menggunakan social media, sekitar 130 juta para pengguna media social aktif ini sudah mengakses media socialnya dengan menggunakan smartphone atau gadget. Dapat disimpulkan dari data tersebut bahwa kebanyakan orang itu menggunakan smartphone dan tentunya setiap smartphone pasti mempunyai aplikasi social media, sehingga beberapa pemasar saat ini menggunakan social media sebagai pemasarannya karena mengingat banyaknya konsumen yang telah aktif menggunakan social media melalui smartphonenya. Setelah setahun selanjutnya terdapat juga data pada bulan januari 2020 serta terlihat adanya penambahan populasi sebanyak 1.1%.

Setelah setahun lamanya penambahan penduduknya sekitar 2.9 juta orang Indonesia, kemudian Ketika penduduk di Indonesia bertambah ternyata pertumbuhan penggunaan smartphone jauh lebih meningkat sebanyak 4,6%, maka dari itu pertumbuhan penggunaan smartphone lebih cepat meningkat daripada populasi penduduknya begitupun dengan penggunaan internet juga mengalami peningkatan sekitar 17% dalam setahun dan juga pertumbuhan penggunaan media social mengalami peningkatan sekitar 8,1% dapat dilihat bahwa pertumbuhan penggunaan smartphone, penggunaan internet, dan penggunaan media social jauh lebih meningkat daripada peningkatan jumlah penduduknya. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa adanya satu gejala positif yang harus dipandang bagi entrepreuner untuk dijadikan suatu peluang bahwa hadirnya satu pola baru dalam konsumen, dan para entrepreuner harus mempertimbangkan media digital ini agar bisa dijadikan suatu trategi pemasaran. Serta tidak lagi harus memikirkan strategi konvensional lagi, karena kebanyak orang tidak lagi melihat billboard yang ada dijalan, dan juga suudah tidak lagi membaca brosur konvensional lagi, sehingga jika masih menggunakan media konvensional sudah tidak akan efektif dan efesien lagi buat banyak persahaan ataupun bagi para entrepreuner lagi.

Ketika di jaman sekarang masih menggunakan media konvensional tentunya banyak orang yang kesusahan seperti saat membaca brosur ketika suatu saat kembali membutuhkan brosur tersebut pastinya brosur sudah hilang, contoh lainnya seperti orang membaca berita billboard Ketika membutuhkan berita kembali sudah lupa liat di billboard yang ada dimana ataupun berita tersebut sudah tidak ada di billboard lagi, tetapi jika suatu berita ditaruh atau di upload di media digital tentunya dapat memudahkan orang apabila suatu saat berita tersebut dibutuhkan kembali. Dapat dilihat juga di dalam data bahwa rata-rata orang di Indonesia menghabiskan waktu dengan menggunakan gadgetnya untuk mengakses internet selama 8 jam 36 menit per hari, kemungkinan juga bisa lebih dari jam tersebut. Internet mulai diakses kemungkinan ketika kita baru bangun dan mungkin bisa dilakukannya sepanjang hari sampai akhir waktu kita beraktifitas dihari tersebut, kemungkinan juga orang menggunakan media social bisa selama 3 jam 26 menit. Ini bisa menjadi peluang yang sangat besar bagi entrepreneur untuk memasarkan suatu produknya, secara global penggunaan media digital juga menjadi kebutuhan yang utama. Selanjutnya juga ada data social media yang paling digemari para pengguna media social yang pertama ada youtube, whatsapp, faceebook, Instagram, line, twitter, dan lainnya, dari data tesebut bisa dijadikan suatu wawasan baru bagi para pengusaha. Dari aplikasi tersebut juga dapat memudahkan para calon konsumen dalam melihat suatu produk yang sedang ditawarkan. Berikut ini ada beberapa manfaat digital marketing yaitu:

1)    Menjangkau pasar yang lebih luas

Digital marketing bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka bisnis yang dikelola tentunya juga dapat dikenal tidak hanya diwilayah sekitar namun juga di wilayah lainnya. Dengan demikian pelang mendapatkan customer pn juga semakin besar.

2)    Menghemat biaya promosi

Manfaat digital marketing yang paling dinikmati oleh brand ialah bisa dilaksanakan dengan murah dan sangat ekonomis yaitu menghemat biaya promosi. Strategi promosi menerapkan media internet memang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan menerapkan cara konvensional.

3)    Sarana penghubung yang baik dengan konsumen

Digital marketing dilaksanakan dengan beragam media yang terhubung secara langsung dengan customer. Meskipun belum saling mengenal, dengan teknologi digital dimungkin untuk melaksanakan komunikasi dengan customer secara langsung dengan Teknik digital marketing.

Selain itu juga ada strategi SOSTAC, Strategi ini dibuat agar usaha dapat bertumbuh dan berkembang :

1.    Situation analysis

Tahap pertama mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing adalah menganalisis situasi. Situasi yang harus dikaji merefleksikan gambaran faktor-faktor yang berpengaruh terhadap suatu usaha.

2.    Objectives

Tahap keda mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing adalah focus terhadap tujan-tujuan yang ingin dicapai melalui strategi yang akan dirumuskan. Tahap ini focus terhadap tujuan-tujuan yang terkur dan realistis yang ingin dicapai melalui strategi yang akan dirumuskan.

3.    Strategy

Strategy adalah cara persahaan mencapai suatu tjuan yang sudah ditetapkan dan diketahui bersama.

4.    Tactics

Tactics adalah turunan mendetail dari strategi. Tactics mencakup alat-alat spesifik yang digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing.

5.    Actions

Tahap kelima mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing adalah membawa rencana menjadi kenyataan dalam bentuk aksi yang terukur.

6.    Control

Tahap final mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing adalah memonitor dan mengukur performa berbasis tujuan yang ditetapkan pada tahap dua.

Komentar

Postingan Populer