Digital Marketing
Kebutuhan mengenai digital marketing begitu penting bagi para euntrepreneur muda, digital marketing bisa dikatakan cukup penting karena informasi dan komunikasi di era distrupsi ini menjadi hal yang wajib dipahami dan dilakukan sebagai bagian dari strategi marketing pada dunia kewirausahaan. Ketika mengingat kembali bahwa di era pandemi covid semakin mengakselerasi dan membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan dan Ketika orang sudah tidak bisa lagi mengakses secara konvensional beberapa media promosi yang dilakukan maka media digital menjadi yang satu-satunya ekseksi di masa pandemi covid sehingga dapat terbuka peluang kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi melalui pemanfaatan media digital.
Peran
internet dan digital sudah merubah dunia saat ini. yang semula media
konvensional dianggap mutakhir namun seiring berkembangnya zaman maka internet
dan teknologi digital menguasai dunia, dan mengubah pola perilaku konsumen. Berbicara
tentang digital marketing sama saja kita sedang berbicara tentang cara merancang
sebuah rencana strategi yang dilakukan agar usaha yang sedang dijalani menjadi
tumbuh dan berkembang, selain itu juga agar produk yang dijual bisa lebih
dikenal luas oleh khalayak umum dan supaya mampu berdaya saing dengan
persaingan yang ada di lingkungan sekitar. Oleh karena itu digital marketing
adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merk atau produk dengan
menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan
juga merupakan sebuah jawaban terhadap konsumen sehingga bisa menagkap para pesaing
yang terjadi dalam dunia wirausaha
Sesuai
dengan data pada bulan januari 2019
total populasi penduduk di Indonesia sekitar 268,2 juta, dari total
penduduk di Indonesia tersebut sekitar 150 juta diantaranya sudah melakukan
penetrasi terhadap penggunaan internet serta keseluruhan penggunaan internet
sudah aktif dalam menggunakan social media, sekitar 130 juta para pengguna
media social aktif ini sudah mengakses media socialnya dengan menggunakan smartphone
atau gadget. Dapat disimpulkan dari data tersebut bahwa kebanyakan orang itu
menggunakan smartphone dan tentunya setiap smartphone pasti mempunyai aplikasi
social media, sehingga beberapa pemasar saat ini menggunakan social media
sebagai pemasarannya karena mengingat banyaknya konsumen yang telah aktif
menggunakan social media melalui smartphonenya. Setelah setahun selanjutnya
terdapat juga data pada bulan januari 2020 serta terlihat adanya penambahan
populasi sebanyak 1.1%.
Setelah
setahun lamanya penambahan penduduknya sekitar 2.9 juta orang Indonesia,
kemudian Ketika penduduk di Indonesia bertambah ternyata pertumbuhan penggunaan
smartphone jauh lebih meningkat sebanyak 4,6%, maka dari itu pertumbuhan
penggunaan smartphone lebih cepat meningkat daripada populasi penduduknya
begitupun dengan penggunaan internet juga mengalami peningkatan sekitar 17%
dalam setahun dan juga pertumbuhan penggunaan media social mengalami
peningkatan sekitar 8,1% dapat dilihat bahwa pertumbuhan penggunaan smartphone,
penggunaan internet, dan penggunaan media social jauh lebih meningkat daripada
peningkatan jumlah penduduknya. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa adanya
satu gejala positif yang harus dipandang bagi entrepreuner untuk dijadikan
suatu peluang bahwa hadirnya satu pola baru dalam konsumen, dan para
entrepreuner harus mempertimbangkan media digital ini agar bisa dijadikan suatu
trategi pemasaran. Serta tidak lagi harus memikirkan strategi konvensional
lagi, karena kebanyak orang tidak lagi melihat billboard yang ada dijalan, dan
juga suudah tidak lagi membaca brosur konvensional lagi, sehingga jika masih
menggunakan media konvensional sudah tidak akan efektif dan efesien lagi buat
banyak persahaan ataupun bagi para entrepreuner lagi.
Ketika
di jaman sekarang masih menggunakan media konvensional tentunya banyak orang
yang kesusahan seperti saat membaca brosur ketika suatu saat kembali
membutuhkan brosur tersebut pastinya brosur sudah hilang, contoh lainnya
seperti orang membaca berita billboard Ketika membutuhkan berita kembali sudah
lupa liat di billboard yang ada dimana ataupun berita tersebut sudah tidak ada
di billboard lagi, tetapi jika suatu berita ditaruh atau di upload di media
digital tentunya dapat memudahkan orang apabila suatu saat berita tersebut
dibutuhkan kembali. Dapat dilihat juga di dalam data bahwa rata-rata orang di
Indonesia menghabiskan waktu dengan menggunakan gadgetnya untuk mengakses
internet selama 8 jam 36 menit per hari, kemungkinan juga bisa lebih dari jam
tersebut. Internet mulai diakses kemungkinan ketika kita baru bangun dan
mungkin bisa dilakukannya sepanjang hari sampai akhir waktu kita beraktifitas
dihari tersebut, kemungkinan juga orang menggunakan media social bisa selama 3
jam 26 menit. Ini bisa menjadi peluang yang sangat besar bagi entrepreneur
untuk memasarkan suatu produknya, secara global penggunaan media digital juga
menjadi kebutuhan yang utama. Selanjutnya juga ada data social media yang
paling digemari para pengguna media social yang pertama ada youtube, whatsapp,
faceebook, Instagram, line, twitter, dan lainnya, dari data tesebut bisa
dijadikan suatu wawasan baru bagi para pengusaha. Dari aplikasi tersebut juga
dapat memudahkan para calon konsumen dalam melihat suatu produk yang sedang
ditawarkan. Berikut ini ada beberapa manfaat digital marketing yaitu:
1)
Menjangkau pasar yang lebih luas
Digital marketing bisa menjangkau pasar yang
lebih luas. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, maka bisnis yang dikelola
tentunya juga dapat dikenal tidak hanya diwilayah sekitar namun juga di wilayah
lainnya. Dengan demikian pelang mendapatkan customer pn juga semakin besar.
2)
Menghemat biaya promosi
Manfaat digital marketing yang paling dinikmati
oleh brand ialah bisa dilaksanakan dengan murah dan sangat ekonomis yaitu
menghemat biaya promosi. Strategi promosi menerapkan media internet memang jauh
lebih murah bila dibandingkan dengan menerapkan cara konvensional.
3)
Sarana penghubung yang baik dengan konsumen
Digital marketing dilaksanakan dengan beragam media
yang terhubung secara langsung dengan customer. Meskipun belum saling mengenal,
dengan teknologi digital dimungkin untuk melaksanakan komunikasi dengan customer
secara langsung dengan Teknik digital marketing.
Selain
itu juga ada strategi SOSTAC, Strategi ini dibuat agar usaha dapat bertumbuh
dan berkembang :
1. Situation analysis
Tahap pertama mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing
adalah menganalisis situasi. Situasi yang harus dikaji merefleksikan gambaran
faktor-faktor yang berpengaruh terhadap suatu usaha.
2. Objectives
Tahap keda mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing
adalah focus terhadap tujan-tujuan yang ingin dicapai melalui strategi yang
akan dirumuskan. Tahap ini focus terhadap tujuan-tujuan yang terkur dan
realistis yang ingin dicapai melalui strategi yang akan dirumuskan.
3. Strategy
Strategy adalah cara persahaan mencapai suatu tjuan yang sudah
ditetapkan dan diketahui bersama.
4. Tactics
Tactics adalah turunan mendetail dari strategi. Tactics mencakup
alat-alat spesifik yang digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing.
5. Actions
Tahap kelima mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing
adalah membawa rencana menjadi kenyataan dalam bentuk aksi yang terukur.
6. Control
Tahap
final mengaplikasikan kerangka kerja rencana digital marketing adalah memonitor
dan mengukur performa berbasis tujuan yang ditetapkan pada tahap dua.
Komentar
Posting Komentar